Perang seharusnya tidak begitu hambar: Ulasan The Greatest Beer Run Ever

Perang seharusnya tidak begitu hambar: Ulasan The Best Beer Run Ever

Balapan bir terbesar sepanjang masa: informasi penting

– Tersedia sekarang di Apple TV Plus
– Berdasarkan kisah nyata John “Chickie” Donohue, yang melakukan perjalanan ke Vietnam untuk memberikan bir kepada semua temannya yang bertugas di perang
– Ditulis dan disutradarai oleh pemenang Inexperienced E-book Oscar Peter Farrelly
– Bintangi Zac Efron sebagai Chickie
– Russell Crowe dan Invoice Murray memiliki peran pendukung

Vietnam mengubah cara Hollywood menangani perang. Sementara movie Perang Dunia II sebagian besar merayakan tentara Sekutu (alias orang baik) mengatasi kekuatan jahat, konflik yang berlangsung lama di Timur Jauh tidak begitu mudah untuk diklasifikasikan. Banyak movie terbaik Vietnam (Apocalypse Now, The Deer Hunter, Platoon) dibuat sekitar satu dekade setelah berakhirnya perang, ketika masih mentah dan menjadi bagian dari kesadaran publik. Akibatnya, para pembuat movie tidak hanya mengeksplorasi kengerian perang, tetapi konsekuensi sosial dan motivasi politik dari pertempuran yang terjadi di belahan dunia.

Anda akan berpikir beberapa dekade lagi perenungan akan memberikan perspektif baru tentang perang yang berakhir hampir lima dekade lalu – seperti yang dibawa Spike Lee ke Da 5 Bloods yang emosional, mendalam, dan sangat politis tahun 2020 (tersedia di Netflix). Sayangnya, ambisi The Best Beer Run Ever tidak begitu besar, karena untuk sebagian besar runtime-nya, perang adalah ketidaknyamanan ringan, latar belakang untuk perjalanan sembrono dengan pertunjukan kembang api sesekali. Dan sementara movie itu berjalan dengan ikonografi Vietnam klasiknya — helikopter, napalm, daftar putar iTunes tahun 1960-an — ia juga tidak banyak bicara. Perang adalah neraka, kata pepatah lama, tetapi jarang terjadi begitu dangkal.

Chickie tidak membaca bagian yang menyebutkan gown code. (Kredit gambar: Apple TV Plus)

Berdasarkan kisah nyata?

Meskipun movie ini membuat petualangannya tampak tidak masuk akal, The Best Beer Run Ever sebenarnya didasarkan pada kisah nyata pelaut pedagang John “Chickie” Donohue. Setelah mengobrol dengan beberapa teman di pub lokalnya di New York, dia berjanji untuk berterima kasih kepada semua anak laki-laki lokal yang melayani di Vietnam dengan memberi mereka bir. Tak lama kemudian, dia mendapat pekerjaan di kapal barang menuju Saigon dan mendapat cuti 72 jam untuk mengangkut kargo mabuknya melintasi negara yang dilanda perang. Jika Kapten Willard mengejar Kolonel Kurtz dengan “prasangka ekstrim” di Apocalypse Now, misi Chickie lebih tentang “imajinasi ekstrim”.

Perlu dicatat bahwa, sebelum memenangkan Oscar untuk Inexperienced E-book yang memecah belah, penulis/sutradara Peter Farrelly terkenal karena membuat komedi yang sangat sukses seperti Dumb and Dumber dan There’s One thing About Mary bersama saudaranya, Bobby. Kami menyebutkan ini karena versi movie Chickie sama bodohnya dengan Harry, Lloyd, atau kreasi konyol lainnya.

Kurangnya kesadarannya akan bahaya menjadi zona perang tanpa perintah dan tanpa dokumen tidak pernah terdengar benar, juga kegagalannya untuk memahami gagasan bahwa tindakannya dapat membunuh seseorang – itu tidak menawan, itu hanya kasar. Zac Efron membawa pesona tertentu untuk peran itu, tetapi Chickie tidak pernah merasa seperti orang sungguhan saat dia bermain pinball di sekitar pangkalan Angkatan Darat AS seperti Forrest Gump yang tidak sadarkan diri dan berkumis. “Jangan khawatir tentang dia,” seorang sersan memberitahu pasukannya. “Sesekali kamu bertemu dengan pria yang terlalu bodoh untuk dibunuh.” Atau mereka sudah ada sejak awal…

Balapan bir terhebat sepanjang masa

Chickie mulai menyadari bahwa bir tidak selalu menjadi prioritas di zona perang. (Kredit gambar: Apple TV Plus)

vietnam 101

Jika Chickie tidak bisa meyakinkan sebagai karakter, dia jauh dari hal yang paling tidak bisa dipercaya tentang movie itu. Meskipun berada di belahan dunia lain, ia memiliki kebiasaan menabrak orang-orang yang ia temui dengan keteraturan yang tidak masuk akal sehingga rasanya seperti Vietnam adalah wilayah keenam di New York. Dan kemudian ada tas bahu yang dia bawa dengan mudah ke seluruh negeri meskipun diisi dengan bir yang cukup untuk “memalu” sekelompok tentara, dengan banyak kaleng cadangan. Entah Chickie dikaruniai stage kekuatan tremendous Marvel, atau dia meminjam dompetnya dari Mary Poppins.

Tapi sejauh ini kejahatan terbesar movie ini adalah pandangan yang terlalu sederhana dan merendahkan tentang Perang Vietnam, yang mengasumsikan bahwa tidak ada yang menonton yang tahu cerita di baliknya. Pada awalnya, Chickie dan teman-temannya (termasuk Invoice Murray yang membosankan sebagai pemilik bar dokter hewan Perang Dunia II) dengan cepat menutup kritik terhadap Presiden Lyndon B Johnson, perang, atau kemungkinan motif di baliknya, baik dari berita TV atau Protestan. siswa.

Balapan bir terhebat sepanjang masa

Setidaknya Russell Crowe siap memberi tahu Chickie apa yang terjadi. (Kredit gambar: Apple TV Plus)

Tetapi dua sisi argumen – mengapa Amerika menghentikan komunisme atau menyebarkan imperialisme? – dicat dengan sapuan kuas begitu lebar sehingga tidak pernah jelas di sisi mana Farrelly berada. Hanya di babak terakhir movie The Best Beer Run Ever membuat segala macam pendirian, dan dibutuhkan jurnalis foto Russell Crowe yang lelah untuk mengeja hal-hal dalam istilah yang paling sederhana untuk memberi Chickie peringatan yang terlambat. Movie akhirnya memiliki keberanian untuk mengatakan, ya, perang benar-benar hal yang buruk, tetapi tidak ada yang mendapat memo yang menjelaskan bahwa pertunjukan biasanya lebih baik daripada menceritakan. Lagi pula, ini bukan movie yang bernuansa.

Tidak ada yang salah dengan movie yang mengambil pendekatan lebih ringan ke teater perang, dan movie seperti M*A*S*H, Three Kings dan Dr. Topic. Tapi balapan bir terbesar sepanjang masa tidaklah lucu atau dramatis, dan pada akhirnya tampak sia-sia seperti bepergian ribuan mil untuk memberi seseorang bir yang bisa dengan mudah memilikinya.

The Best Beer Run Ever kini tersedia di Apple TV Plus di seluruh dunia.

Author: Randy Perez