Harga TV QD-OLED bisa turun mendekati OLED biasa lebih cepat dari yang diharapkan

Harga TV QD-OLED bisa turun mendekati OLED biasa lebih cepat dari yang diharapkan

Jika Anda berharap melihat penurunan besar dalam harga TV OLED selama beberapa tahun ke depan, sepertinya Anda akan kecewa. Menurut sebuah laporan oleh Show Provide Chain Consultants (melalui elektronik (buka di tab baru) dan informasi OLED (terbuka di tab baru)), dua pembuat besar panel OLED berukuran TV – LG Show dan Samsung Show – akan berhenti berbelanja. pada peralatan baru untuk membuat tampilan ini pada tahun 2023.

Harga TV OLED terbaik telah turun banyak dalam beberapa tahun terakhir, sebagian besar karena ekspansi besar dalam pembuatannya – TV menjadi lebih efisien dan lebih mudah untuk diproduksi secara massal dan, sebagai hasilnya, menjadi lebih populer. Namun, menurut laporan DSCC, ekspansi ini tidak hanya akan melambat tahun depan — tetapi akan berhenti sama sekali, tidak mengeluarkan biaya apa pun untuk meningkatkan produksi.

Ini kemungkinan berarti bahwa harga layar yang digunakan di sebagian besar TV OLED tidak akan banyak berubah mulai sekarang pada tahun 2023 atau 2024. Sekarang, harga TV secara keseluruhan dapat berubah tergantung pada faktor lain (seperti biaya pengiriman), tetapi untuk sebagian besar TV adalah layarnya, yang membuat perbedaan besar pada harga keseluruhan.

Ini tidak semua berita mengecewakan: ini benar-benar menetapkan panggung untuk layar TV Quantum Dot OLED baru untuk menutup kesenjangan harga dengan TV OLED biasa lebih cepat dari yang diantisipasi.

Layar QD-OLED dibuat secara eksklusif oleh Samsung Show dan sejauh ini hanya muncul di dua TV – Samsung S95B dan Sony A95K – keduanya mendapat sambutan hangat. Namun, layarnya sangat mahal untuk dibeli (jauh lebih mahal daripada OLED biasa) dan saat ini hanya tersedia dua ukuran: 55 inci dan 65 inci.

Samsung S95B QD-OLED TV adalah TV 4K termahal kedua di jajaran Samsung saat ini, kedua setelah TV Mini-LED yang lebih canggih. (Kredit gambar: Samsung)

Namun, meskipun Samsung Show berencana untuk tidak berinvestasi lebih jauh dalam mesin produksi QD-OLED tahun depan, perusahaan telah membuat langkah besar untuk meningkatkan apa yang dapat dilakukan dengan mesin saat ini – dan laporan DSCC mengatakan akan ada lebih banyak lagi yang akan datang. .

Setelah secara dramatis meningkatkan efisiensi produksi QD-OLED pada lini produksinya saat ini (artinya biaya pembuatan setiap layar lebih murah) dan memperkenalkan versi layar TV QD-OLED 77 inci, DSCC juga mengatakan bahwa Samsung harus dapat membuat versi QD-OLED yang lebih tipis dan sederhana tanpa menghabiskan lebih banyak untuk peralatan baru.

Ada kemungkinan bahwa ini terkait dengan kemajuan yang dilaporkan Samsung dalam memproduksi piksel OLED biru – saat ini, beberapa lapisan piksel biru digunakan dalam tampilan QD-OLED untuk memberikan cahaya, tetapi jika ini dapat dikurangi menjadi satu, itu akan menghemat bahan. dan waktu. , dan dengan demikian dapat lebih mengurangi biaya.

Karena QD-OLED masih dalam tahun pertama, semua kemajuan yang dibuat Samsung Show dalam teknologi baru-baru ini hampir tidak memiliki kesempatan untuk mendaftar – jadi selanjutnya kita mungkin melihat lebih banyak mannequin dengan harga yang lebih terjangkau.

Jika harga OLED biasa berhenti karena kurangnya ekspansi dan harga QD-OLED bisa turun, kedua teknologi bisa menjadi lebih kompetitif lebih cepat dari yang kami harapkan.

Jadi kapan akan ada perubahan yang lebih besar?

DSCC mengatakan bahwa tidak akan ada investasi besar dalam memproduksi layar TV OLED pada tahun 2023, tetapi ini akan meningkat pesat pada tahun 2024… dimiliki oleh raksasa TV TCL).

Inkjet telah menjadi hal besar berikutnya dalam membuat layar OLED karena jauh lebih mudah daripada opsi saat ini. Ternyata, itu pada dasarnya berarti bahwa proses seperti printer digunakan untuk menyimpan piksel OLED pada panel, yang jauh lebih efisien dan jauh lebih murah untuk disiapkan daripada sistem manufaktur OLED ‘bertopeng’ saat ini.

Ini adalah berita bagus bagi industri OLED untuk menjadi lebih kompetitif dalam jangka panjang, karena dalam beberapa tahun kita akan beralih dari satu perusahaan (LG Show) yang membuat layar TV OLED dan mengendalikan harga, menjadi empat: LG, Samsung Show, CSoT dan BoE, yang sudah bekerja pada instalasi OLED-nya.

Itu berarti persaingan nyata, yang kemungkinan juga berarti harga yang lebih rendah, terutama pada layar OLED biasa (hanya Samsung yang akan membuat QD-OLED di masa mendatang) – meskipun kita mungkin melihat beberapa perbedaan menarik dalam kualitas gambar, dengan sejumlah jenis output yang berbeda. sedang digunakan.

Namun, jika beberapa dari kemajuan ini tidak dimulai hingga 2024, kita tidak akan melihat hasil kerja mereka hingga 2025. QD-OLED dapat mulai menutup celah lebih cepat dari itu – ini akan menjadi beberapa tahun yang menarik bagi OLED TV.

Author: Randy Perez