Harga Intel Arc A770 adalah langkah cerdas untuk memastikan GPU tidak mati pada saat kedatangan

Harga Intel Arc A770 adalah langkah cerdas untuk memastikan GPU tidak mati pada saat kedatangan

Tuan yang manis, akhirnya terjadi. Itu benar, kami memiliki tanggal rilis yang dikonfirmasi untuk Intel Arc A770, kartu video andalan Group Blue saat ini tidak terlalu mengganggu jangkauan GPU Arc.

Terlepas dari penundaan bertahun-tahun, pesan dan analis yang tidak jelas menyarankan Intel untuk menghentikan keseluruhan kasusCEO Pat Gelsinger berdiri di depan massa yang berkumpul di acara Inovasi terbaru Intel dan menyatakan dengan gembira bahwa papan Arc diskrit akhirnya siap untuk peluncuran world yang tepat, dengan peluncuran papan A770 pada 12 Oktober. twist yang lebih mengejutkan sebenarnya terlihat… bagus?

Mungkin aku seharusnya tidak terlalu terkejut. Intel, meskipun mengalami beberapa kemunduran, telah menyimpan pesan yang tidak akan meninggalkan Arc dan memiliki rencana besar untuk memajukan pasar GPU, bersaing dengan Nvidia yang hebat dan pesaingnya di ruang CPU, AMD. Saya telah mengkritik upaya GPU Intel yang goyah di masa lalu, tetapi hanya karena itu membuat saya merasa seperti orang tua yang kecewa; Saya sangat ingin Bow menjadi baik.

(Kredit gambar: Intel)

Intel Arc A770 akan menjadi kartu paling kuat dalam gelombang awal GPU Arc, beberapa di antaranya telah terlihat di laptop computer di Asia. Kami juga akan memiliki PC Intel NUC baru yang dilengkapi dengan GPU seluler A770M. Belum ada berita tentang A750 dengan spesifikasi lebih rendah atau kartu A300 atau A500 yang murah, tetapi kami memiliki label harga yang sangat masuk akal untuk Arc A770: hanya $329.

Sedangkan A770 diharapkan untuk (hampir) Nvidia $ 399 RTX 3060 Ti, itu adalah harga yang sangat bagus yang tidak diragukan lagi akan menarik bagi pemain anggaran. Ini juga memiliki VRAM dua kali lipat dari kartu itu, dengan 16GB GDDR6. Intel menurunkan harapan dengan mengatakan bahwa kinerja hanya untuk recreation DirectX 12, dan judul yang lebih lama mungkin sedikit menderita pada awalnya karena Intel menempatkan optimasi driver Arc-nya.

Hukum Moore: Mati atau Hidup?

Tampaknya Gelsinger tidak bisa menahan sedikit godaan dari Nvidia selama presentasinya. Ketika CEO Nvidia Jensen Huang baru-baru ini menyatakan bahwa ‘Moore’s Legislation sudah mati’ (bukan, bukan saluran YouTube), ia secara efektif menyatakan bahwa kemajuan GPU mendekati titik stagnasi dan bahwa kita dapat mengharapkan harga GPU tetap tinggi di masa mendatang.

Pat tidak setuju. ‘Kami akan terus menjadi penjaga Hukum Moore,’ katanya, menggandakan mengatakan bahwa pemain ‘harus frustrasi’ oleh ‘keluhan harga tinggi’. Itu adalah referensi yang jelas untuk Nvidia, yang kekuatan tremendous barunya RTX 4090 akan memiliki harga yang cukup konyol.

Karena papan Arc akan dikirimkan dengan kemampuan penelusuran sinar, pengkodean AV1, dan penghitung Intel sendiri untuk teknologi peningkatan DLSS Nvidia (disebut XeSS), MSRP sebesar $329 tampaknya akan menjadikan A770 sebagai opsi masuk. sebenarnya lebih unggul jika dibandingkan dengan RTX 3060 Ti – dengan asumsi Intel dapat memenuhi janjinya saat ini.

Arc Alchemist A770 Edisi Terbatas

(Kredit gambar: Tomshardware.com)

Masih tidak mudah untuk menemukan RTX 3060 Ti di MSRP, dengan banyak mannequin yang saat ini dijual dengan harga lebih dari $449 bahkan ketika harga terus turun. AMD saat ini juga tidak memiliki penghitung yang layak untuk GPU ramah Intel yang baru, dengan Radeon RX 6600 XT seharga $ 379,00 tidak mengukur perbandingan langsung. Intel memiliki peluang serius di sini untuk masuk ke ruang permainan anggaran dan mengamankan sudut pasar GPU diskrit.

Tentu saja, ini adalah versi generasi pertama untuk Intel; Kita sudah tahu bahwa Nvidia dan AMD bersiap-siap untuk merilis GPU generasi berikutnya, dengan Intel dengan berani menetapkan tanggal rilis A770 agar bertepatan dengan RTX 4090. RTX 4060 dalam waktu dekat, Intel mungkin tidak akan menikmati dominasi anggarannya untuk waktu yang lama. Tetap saja, sungguh luar biasa melihat Arc akhirnya diluncurkan, dan saya harap A770 akan mengesankan saat kami mendapatkannya.

Author: Randy Perez