Cara mencuci bantal di mesin cuci tanpa merusaknya

Cara mencuci bantal di mesin cuci tanpa merusaknya

Tidak yakin apakah Anda bisa mencuci bantal di mesin cuci? Anda tidak sendiri. Meskipun banyak bantal dapat dicuci dengan mesin, ini tidak berlaku untuk semua jenis bantal, dan ada aturan tertentu yang harus diikuti untuk memastikan Anda tidak merusaknya (terutama penting jika Anda telah berinvestasi dalam bantal terbaik untuk pengaturan tidur Anda).

Menurut ahli kebersihan Robin Wilson, desainer dan pendiri merek gaya hidup, Clear Design Home (buka di tab baru): “Kita menghabiskan sepertiga hidup kita untuk tidur, dan karena tidur sangat penting bagi kesehatan psychological dan fisik kita, kita harus memastikan bahwa elemen tempat tidur kita ini bersih.”

Ini bukan hanya tentang menghilangkan noda, tetapi juga penting untuk membersihkan pembalut untuk alasan kebersihan. Anda hanya perlu membaca apa yang terjadi pada bantal ketika tidak dibersihkan untuk mengetahui bahwa bantal yang kotor akan melihat noda kuning dan menjadi lebih berat karena penumpukan kotoran. Jadi, untuk mempelajari cara mencuci bantal di mesin cuci Anda tanpa merusaknya, tetap di sini.

Bisakah Anda mencuci bantal di mesin cuci?

Secara umum, sebagian besar bantal sintetis, bulu angsa, dan katun aman untuk dicuci dengan mesin cuci piring. Wilson memberi tahu kami, “Hampir semua bantal dapat dicuci di mesin cuci bukaan depan atau bukaan atas yang tidak memiliki pengaduk kolom tengah.” (Secara resmi, Anda harus memeriksa etiket perawatan dan mendasarkan pendekatan Anda pada instruksi.)

Namun, ada dua jenis bantal khusus yang tidak boleh Anda masukkan ke dalam mesin cuci. Yaitu:

bantal busa memori bantal lateks

Menempatkan salah satu bantal ini di tempat cuci akan merusak isian dan juga merusak mesin Anda. Jika Anda memiliki reminiscence foam atau bantal lateks, bersihkan menggunakan air hangat dan deterjen. Gosok noda dengan gerakan melingkar yang hati-hati sampai space yang kotor mulai memudar. Pastikan untuk membiarkan busa memori dan bantal lateks benar-benar kering sebelum meletakkan kembali sarung bantal dan sarung bantal. Sekali lagi, jika Anda tidak yakin, periksa instruksi mencuci bantal Anda.

Seberapa sering Anda harus mencuci bantal?

Jika Anda bertanya-tanya seberapa sering Anda perlu mencuci bantal, Robin punya beberapa saran. Dia berkata, “Bantal bulu alternatif adalah yang paling mudah untuk dicuci dan juga yang paling hipoalergenik,” kata Wilson. “Bulu dan bantal bulu bisa dicuci, tetapi harus lebih jarang dilakukan – sekitar enam bulan.”

Para ahli mengatakan bahwa, rata-rata, Anda harus mencuci bantal setiap empat bulan. Tetapi segera setelah Anda melihat noda keringat atau minyak tubuh di bantal Anda, pastikan untuk mencucinya. Bagaimanapun, mereka adalah dua penyebab terbesar mengapa bantal menguning. Dan semakin lama Anda membiarkan bantal tidak dicuci, semakin sulit untuk menghilangkan noda. Jika Anda bertanya-tanya bagaimana cara membersihkan kepala kasur dengan cara ini.

Berapa banyak bantal yang bisa Anda cuci dengan mesin sekaligus?

Ini akan tergantung pada ukuran mesin cuci Anda, tetapi Anda harus dapat mencuci satu atau dua bantal sekaligus. Pastikan Anda tidak memasukkan terlalu banyak ke dalam drum, atau bantal tidak akan bisa bergerak selama siklus dan, akibatnya, tidak akan dibersihkan dengan benar.

Mulailah dengan melepas sarung bantal dan melepas sarung bantal juga. Ini dapat dengan mudah dicuci secara terpisah lebih teratur.

Haruskah Anda menggunakan deterjen?

Wilson berkata, “Gunakan setengah jumlah deterjen. Dua pembalut dapat memakan banyak ruang, tetapi tidak membutuhkan banyak deterjen.”

Siklus mesin cuci mana yang harus Anda gunakan?

Sekali lagi, Anda harus merujuk ke label perawatan bantal Anda untuk instruksi spesifik – beberapa bantal dapat dicuci dengan aman pada suhu yang lebih tinggi, misalnya, sementara yang lain perlu dicuci dengan mesin pada suhu dingin). Namun, aturan umum adalah bahwa bantal sintetis, bulu angsa atau katun dapat dicuci dengan siklus lembut dengan air hangat. Wilson merekomendasikan menggunakan siklus putaran yang kuat untuk menghilangkan air sebanyak mungkin dan membuat proses pengeringan lebih cepat dan sederhana.

(Kredit gambar: Getty)

Bisakah Anda mengeringkan bantal?

Sekali lagi, ikuti petunjuk pencucian resmi, tetapi bantal biasanya dapat dikeringkan dengan mesin pengering pada suhu yang sangat rendah. Wilson berkata, “Keringkan di mesin pengering dan tambahkan bola tenis selama siklus pengeringan. Letakkan mesin pengering pada posisi rendah dan sering-sering keluarkan dan jatuhkan untuk membatasi pembentukan gumpalan.”

Menambahkan bola tenis ke pengering dapat membantu mencegah bantal menjadi kental dan cacat, yang biasa terjadi pada barang-barang yang mengandung bulu halus. Untuk memastikan bantal kembali ke bentuknya setelah dicuci, periksa bagaimana bantal Anda mengering sebelum siklus pengering berakhir.

Haruskah saya menggunakan pelindung bantal?

Kami sudah membahas ini, tetapi tip penting adalah menambahkan pelindung bantal sebelum memakai sarung bantal. Pelindung bantal jauh lebih mudah dicuci daripada bantal; mereka pada dasarnya adalah potongan bahan ringan yang dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci secara teratur, dengan sisa pakaian putih Anda, tanpa takut rusak. Tapi itu tidak berarti pelindung penting ini tidak dapat menahan tidur berkeringat atau cairan tubuh alami lainnya.

Setiap orang harus memiliki pelindung bantal. Tapi ini terutama terjadi jika Anda cenderung berkeringat di malam hari atau menggunakan pelembab wajah atau minyak di malam hari. Memperpanjang umur bantal Anda dengan mudah dan memastikannya tetap segar lebih lama.

Author: Randy Perez