Andor tidak terlihat seperti Star Wars - dan itu adalah berita bagus untuk masa depan waralaba

Andor tidak terlihat seperti Star Wars – dan itu adalah berita bagus untuk masa depan waralaba

Ada sekitar 100 miliar bintang di galaksi kita. Karena ada cukup banyak makhluk hidup di Star Wars untuk mengisi beberapa juta penjelajah ruang angkasa, mungkin aman untuk berasumsi bahwa jumlah yang sama ada di sudut alam semesta Luke Skywalker.

Jadi, jika kita memainkan permainan angka, semakin tidak masuk akal bahwa semua cerita Star Wars yang diceritakan di layar sejauh ini hanya terbatas pada periode 70 tahun – dan bahkan lebih konyol lagi yang dimiliki satu keluarga (Skywalkers). mempengaruhi begitu banyak momen yang menentukan dalam sejarah.

Andor berbeda, bagaimanapun, dan berdasarkan apa yang telah kita lihat sejauh ini, itu adalah pertunjukan yang membuat galaksi yang sangat jauh ini terasa jauh, jauh lebih besar.

Di atas kertas, spin-off Rogue One baru Disney Plus tidak terlihat terlalu berani. Bagaimanapun, misi Lucasfilm yang sedang berlangsung untuk mengisi sebanyak mungkin celah dalam kronologi Star Wars secara manusiawi berarti prekuel ada di mana-mana seperti Stormtroopers. Juga, seperti Obi-Wan Kenobi dan Solo, Andor (baca ulasan mendalam kami) berfokus pada eksploitasi karakter yang terbentuk di bagian timeline yang semakin ramai antara Revenge of the Sith dan A New Hope. Namun, empat episode pertama Andor melampaui belenggu itu untuk menjadi entri paling radikal dalam kanon layar Star Wars – dan itu adalah masalah besar untuk waralaba berusia 45 tahun.

Untuk semua kualitasnya yang luar biasa, Star Wars secara tradisional (c-kecil) konservatif. The Pressure Awakens berhasil sebagian besar karena mengikuti ketukan naratif dari movie aslinya. Sejak itu, kami telah melihat berkali-kali bahwa menyimpang dari system yang sudah ada bisa jauh dari populer, apakah itu penggemar seri asli yang kecewa dengan trilogi prekuel, atau minoritas yang sangat vokal mengatakan kepada dunia betapa mereka membenci The Final yang sangat inventif dari Rian Johnson. Jedi. (Kursus “koreksi” yang dihasilkan dari The Rise Of Skywalker bisa dibilang merupakan hal terburuk yang terjadi pada Star Wars di period Disney.)

Sementara The Mandalorian yang luar biasa terasa seperti menghirup udara segar, tema penembak tunggalnya adalah kembalinya ke getaran barat A New Hope – dan, hampir secara diam-diam, itu menjadi bab berikutnya dalam kisah Luke Skywalker dan ordo Jedi. . Bahkan Star Wars: Visions — serial anime yang memberi kebebasan penuh kepada pembuat movie untuk menceritakan kisah independen mereka sendiri — anehnya enggan untuk menjelajah jauh melampaui gagasan Jedi dan lightsaber. Gagasan tentang apa itu Star Wars itu telah menjadi sangat sempit, dan banyak pendongeng takut untuk memaksakan ujungnya.

Mencari tahu di sisi mana Andor dan Luthen berada diserahkan kepada pemirsa. (Kredit gambar: Lucasfilm/Disney Plus)

bolong lagi

Sebaliknya, fakta bahwa – blasters dan kapal samping – Andor tidak, saya merasa seperti Star Wars adalah salah satu hal terbaik tentang itu. Showrunner Tony Gilroy (yang bergabung dengan Rogue One untuk pemotretan ulang dan secara luas dikreditkan dengan mengubahnya menjadi klasik) jelas tidak menerima memo apa pun tentang menindaklanjuti rencana apa pun, dan hasilnya sepenuhnya menyegarkan.

Cassian Andor sendiri adalah pilihan protagonis yang menarik karena kita hanya tahu sedikit tentang dia, selain fakta bahwa dia akan mati di pantai Scarif yang indah di akhir Rogue One. Selama movie itu, kami telah melihat dia mengeksekusi seorang rekan dan mengorbankan hidupnya sendiri untuk tujuan pemberontak, tetapi ada begitu banyak movie dua jam yang bisa dilakukan dengan anggota kelompok besar.

Sejauh ini, bagaimanapun, Andor berjanji untuk melangkah lebih jauh di bawah kulit karakter daripada mengungkapkan bagaimana dia mendapatkan namanya. Tidak seperti Han Solo, ini adalah kisah asal dengan tepi, perjalanan ke dunia penyendiri yang hidup di tepi hukum di planet Ferrix. Hanya beberapa menit pertunjukan, Cassian Andor adalah buronan dalam pelarian setelah membunuh sepasang petugas keamanan, salah satunya dia menembak tanpa ampun di kepala dari jarak dekat. Ini adalah Star Wars yang dibuat dengan mempertimbangkan penonton dewasa, sebuah fakta yang kemudian menjadi jelas ketika – dalam apa yang kami yakini adalah yang pertama untuk waralaba – sebuah adegan menyiratkan bahwa Bix dan Timm akan berhubungan seks.

Bahkan gaya naratifnya lebih terasa seperti drama HBO daripada Star Wars. Sudut dan suntingan kamera adalah gaya Jason Bourne yang berombak (mungkin bukan karena kebetulan, seperti yang ditulis Gilroy dalam film-film ini), sementara narasinya tidak memberikan jawaban yang mudah. Faktanya, salah satu dari sedikit kritik terhadap beberapa episode pertama Andor adalah bahwa ada begitu banyak karakter baru yang diperkenalkan, motivasi mereka tidak sepenuhnya jelas, bahwa itu adalah kerja keras untuk mengikuti apa yang sedang terjadi.

Namun, di bagian ketiga, pendekatan ini tampaknya bermanfaat, karena Anda benar-benar tenggelam dalam sektor galaksi yang jarang dikunjungi. Bahkan fakta bahwa kilas balik masa kecil Andor di Kenari datang tanpa subtitle terbukti menjadi pilihan artistik yang bijaksana. Tidak ada yang memberi tahu Anda mengapa tidak ada orang dewasa di sekitar, atau penyebab bencana pertambangan yang hampir menghancurkan planet asal Cassian – kulit kuning tentara Republik yang diracuni di kapal yang jatuh benar-benar menakutkan – tetapi fakta bahwa Anda diundang untuk menarik kesimpulan Anda sendiri terasa seperti langkah penting dalam waralaba yang telah lama terbiasa menjelaskan setiap bagian dari kanon.

Mon Mothma melihat suaminya di luar kamera di Andor di Disney Plus

Mon Mothma akan menambahkan dimensi politik pada plot seri yang menarik. (Kredit gambar: Lucasfilm/Disney Plus)

bukti masa depan

Yang terpenting, tidak pernah ada perasaan bahwa Andor melakukan dosa besar karena melanggar kanon. Apa yang dilakukannya adalah menyodok sudut-sudut Star Wars yang tak terlihat, menyoroti orang-orang dan tempat-tempat yang tidak akan memengaruhi narasi galaksi yang lebih besar tetapi masih memiliki cerita yang menarik untuk diceritakan. Ini menunjukkan bahwa menjadi bagian dari alam semesta yang mapan tidak berarti bahwa semua rilis harus konsisten dalam hal nada, atau bahkan menargetkan audiens yang sama.

Sidekick Disney Marvel tampaknya telah menyadari bahwa mereka perlu meregangkan amplop MCU saat mereka menuju ke Fase 5 dan seterusnya, meskipun Moon Knight yang paling gelap dan paling kejam pun memiliki kebiasaan menggambar di kiasan yang sudah dikenal dengan cara yang – sampai sekarang – Andor tidak . Bahkan, gaya berpasir Andor bisa dibilang sama ekstremnya dengan She-Hulk yang berbicara di depan kamera.

Dan jika waralaba tua yang terhormat ini akan terus menjadi perhatian, ia tidak dapat terus menceritakan kisah yang sama dengan cara yang sama, terutama sekarang karena “produk” baru menghantam layar TV kita dengan keteraturan yang belum pernah terjadi sebelumnya – Penggemar bintang. Perang adalah cinta, tetapi bahkan mereka memiliki batas. Mantan CEO Disney Bob Iger mengakui hal ini setelah kinerja field workplace Solo yang mengecewakan ketika dia mengatakan kepada New York Instances (melalui Yahoo (dibuka di tab baru)), bahwa “Saya hanya berpikir kami mungkin telah menempatkan terlalu banyak di pasar terlalu cepat” . Cara terbaik untuk memerangi kelelahan waralaba adalah memberi mereka sesuatu yang berbeda.

Meskipun tidak ada yang mengetahuinya pada saat itu, George Lucas membuka pintu ke seluruh dunia penceritaan ketika dia membuat A New Hope – dan Disney sejauh ini hanya menggores permukaan. Acara TV Star Wars yang akan datang The Acolyte akan mencakup tempat baru hanya dengan berlatar di period Excessive Republic (sekitar dua abad sebelum Skywalker Saga) dan mencoba hal-hal baru harus menjadi cahaya penuntun Star Wars saat dibuka. mendekati ulang tahunnya yang ke-50.

Sikap berani Andor terhadap alam semesta yang dibangun George Lucas membuktikan bahwa ia cukup besar untuk mendukung semua jenis style, baik itu komedi romantis, drama kriminal, atau movie horor. Ini juga bukti bahwa Anda dapat melakukan semua hal ini tanpa melupakan apa yang membuat Star Wars, yah, Star Wars.

Sudah lama sekali, tetapi Andor telah menunjukkan kepada kita sekilas masa depan di galaksi yang sangat jauh itu.

Episode baru Andor debut di Disney Plus pada hari Rabu.

Author: Randy Perez