Ada Apa di Antara India dan Google?  - Sundar Pichai mengunjungi kedutaan India di AS

Ada Apa di Antara India dan Google? – Sundar Pichai mengunjungi kedutaan India di AS

CEO Google Sunder Pichai, untuk pertama kalinya mengunjungi Kedutaan Besar India di ibu kota AS, Washington DC dan mengadakan diskusi dengan Duta Besar India untuk AS Taranjit Singh Sandhu tentang berbagai aspek kegiatan perusahaan teknologi di negara tersebut.

“Senang menyambut CEO @Google dan Alphabet Sundar Pichai @sundarpichai (buka di tab baru) di Kedutaan hari ini. Kami bertukar ide tentang perluasan kemitraan di India – bisnis, pengetahuan, dan teknologi dengan Google (sic)” tweet duta besar India setelah pertemuan (buka di tab baru).

Dan Sundar Pichai, pada gilirannya, dia menjawab (membuka di tab baru): “Terima kasih Duta Besar @Sandhu TaranjitS (membuka di tab baru) untuk pembicaraan besar. Kami menyambut baik kesempatan untuk membahas komitmen Google terhadap India dan berharap dapat melanjutkan dukungan kami untuk masa depan digital India.”

Google, ponsel Pixel, dan India

(Kredit gambar: Google India)

Pemerintah India baru-baru ini meningkatkan keterlibatannya dengan CEO Amerika. Menteri Perdagangan dan Industri Piyush Goyal mengadakan pertemuan dengan beberapa CEO Silicon Valley selama perjalanannya ke California awal bulan ini. Sandhu sendiri bertemu dengan beberapa CEO selama perjalanannya baru-baru ini di sana. Ia juga mengunjungi universitas Silicon Valley, yang dianggap sebagai pusat inovasi ini.

Meski begitu, kemunculan Sundar Pichai di kedutaan India hari ini dianggap signifikan. Itu datang pada saat ada laporan bahwa Google berencana untuk memindahkan beberapa produksi ponsel Pixel-nya ke India dari China. Itu akan menjadi signifikan jika itu terjadi.

Kunjungan Pichai ke kedutaan India hanya memperkuat rumor tersebut. CEO Google tersebut, dalam pembicaraan tersebut, juga diyakini telah membahas berbagai cara untuk memajukan kemitraannya dengan India, khususnya di sektor pendidikan. Mereka juga membahas upaya digitalisasi di India yang melibatkan Google, termasuk pembayaran digital dan digitalisasi infrastruktur.

Di bawah Pichai India, Google telah melakukan investasi besar-besaran di India dan secara fenomenal memperluas kehadirannya di berbagai industri. Google, yang telah menyisihkan $ 10 miliar untuk Dana Digitalisasi India, telah berulang kali mengkonfirmasi optimismenya tentang ekonomi digital negara itu. Google menginvestasikan $ 1 miliar di Airtel. Pada tahun 2020, ia telah menginvestasikan $4,5 miliar di Jio Platforms. Selanjutnya, terus mendanai startup yang menarik di India. Ia bekerja sama dengan pemerintah dalam Program Digital India dan misi literasi digital nasional.

Awal tahun ini, Pichai berkata, “Setahun yang lalu, kami mengumumkan Dana Digitalisasi Google untuk India senilai $10 miliar. Dan ini adalah cerminan dari kepercayaan kami terhadap masa depan India, ekonomi digitalnya, keinginan kami untuk membangun produk di sana, yang kami yakini akan membantu kami secara international.”

Jadi sesuatu yang menarik adalah memasak antara India dan Google tentunya.

Author: Randy Perez